Ulu Podeh Makanan Khas Nagari Air Bangis

Ulu Podeh – selain memiliki masakan Khas Gulai Hiu, Nagari Air Bangis juga memiliki makanan khas lain seperti Ulu Podeh. Ulu Podeh sendiri adalah salah satu makanan Khas yang berasal dari Nagari Air Bangis  yang juga wajib anda coba jika berkesempatan berkunjung ke Nagari Air Bangis.

makanan ini sepintas terlihat sama dengan makanan pencuci mulut pada umumnya karena Ulu Podeh juga memiliki Tekstur yang lembut dan kenyal. Hanya saja yang menjadi pembeda Ulu Podeh dengan makanan/kue lainnya terletak pada Rasanya. Dimana kue yang sering kita jumpai di pasaran pada umumnya identik dengan rasa manis, Ulu Podeh malah sebaliknya memiliki rasa yang pedas

Kata Ulu Podeh sendiri diambil dari bahasa masyarakat setempat guna menggambarkan rasa dari makanan tersebut. “Podeh” yang berarti “Pedas” tidak ada fakta tertulis yang menyatakan tahun berapa makanan ini pertama kali dibuat. Yang pastinya makanan ini telah diwariskan turun temurun dari Generasi terdahulu.

Baca juga

teman-teman tertarik ingin mencoba makanan unik Ulu Podeh ini. Teman-teman bisa bertanya langsung pada masyarakat setempat untuk pemesanan pembuatannya. Kenapa ? Karena Ulu Podeh tidak dipasarkan secara luas seperti Gulai Hiu, yang mudah dijumpai disetiap rumah makan di Nagari Air Bangis.

Saat ini Ulu Podeh hanya bisa dijumpai pada Hari Besar Idul Fitri dan acara Pernikahan (Baralek) di Nagari Air Bangis karena Ulu Podeh menjadi salah satu menu yang dihidangkan dihari besar tersebut.

Saran penulis : semoga Ulu Podeh bisa dipasarkan lebih luas agar lebih dikenal oleh masyarakat umum.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *